Ciampea = Untuk mewujudkan masyarakat tertib administrasi, Desa Cihideung Udik terus memberikan sosialisasi kepada warga salah satunya akta kelahiran dan kematian. Program smart ini memberikan kemudahan untuk pembuatan akta tanpa harus datang langsung ke Dinas Kependudukan dan Catatan Kabupaten Bogor. Cukup melalui Kantor Desa semua data nanti akan dikirimkan kepusat melalui sistem online.Atau pihak Disdukcapil yang dating ke kantor desa..”ungkap kades Yudy
Perlu diketahui juga bahwa pengurusan akta kelahiran
di Kantor Desa Cihideung Udik ini dapat diproses selambat-lambatnya usia bayi
tidak lebih dari 60 hari. Apabila usia bayi melebihi 60 hari maka
pengurusan langsung ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Banyuwangi. Tetapi
untuk akta kematian tidak dibatasi oleh waktu , selama data masih tercatat
disistem warga masih bisa melakukan pengurusan akta.
Dalam sosialisasi yang di adakan di kantor desa
Cihidung Udik Kecamatan Ciampea.kab Bogor ini dihadiri oleh AIPTU Ateng Koswara,SH (Banbinkamtibmas),BPD,LPM dan Wargadesa kamis (14/12) tidak kurang dari 60 warga
yang hadir
Lebih lanjut kades
Yudy menerangkan " Saat ini di desa
kami anak umur 0 – 18 tahun yang memiliki akte kelahiran baru mencapai 35
persen. Sedangkan anak usia bawah lima tahun (Balita) yang memiliki akte
kelahiran juga baru mencapai 55 persen. Padahal akte kelahiran sangat penting
dan merupakan hak setiap anak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang,
berpartisipasi serta perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi.
Dari pengalaman
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil banyak ditemukan persepsi yang berbeda
antara warga masyarakat dan Dinas mengenai syarat pengurusan Akta Kelahiran,
misalkan :
1. Fotocopi KTP
Kadangkala warga
masyarakat menyertakan KTP hanya salah satu orang tua, lebih parah lagi
menyertakan fotocopi KTP kedua orang tua tetapi salah satu atau keduanya sudah
tidak berlaku lagi. Demikian persepsi yang berbeda kadang menyulitkan dan
menjadi permasalahan tersendiri bagi kedua belah pihak yang berujung pada
keterlambatan atau pencabutan proses pengurusan pendaftaran akta kelahiran.
2. Fotocopi KK
Kartu Keluarga atau
KK yang dimaksud disini adalah KK yang telah ada nama bayi/anak yang akan
dilaporkan/didaftarkan. Dimana disitu akan tertera NIK yang pastinya akan
digunakan atau ditulis dalam akta kelahiran yang terbit nantinya.
Pemerintah mengharapkan 1(satu) orang akan mendapat 1(satu) NIK, jadi setiap
warga akan berbeda NIK-nya satu sama lain walaupun kembar sekalipun.
Tetapi kadangkala
warga masyarakat mempunyai persepsi yang berbeda tentang persyaratan KK ini,
ada yang langsung ke kantor Catatan Sipil sehingga proses pelaporan/perekaman
data anak/bayi terabaikan berakibat anak/bayi tidak tercantum dalam KK. Ada
juga yang masih salah data pelapor didalam KK sehingga pastinya proses
pendaftaran akta kelahiran akan mengalami kendala/ditolak.
3. Surat Kelahiran Asli dari dokter/bidan/RS
Orisinilitas adalah
hal yang utama tidak boleh ada coretan atau penghapusan/tip-ex dalam
surat kelahiran asli ini, jangan sampai ada penggantian apapun. Tetapi
kadangkala warga masyarakat yang berani mengubah sendiri data yang ada di dalam
surat kelahiran ini, ada yang berpendapat kurang pas hari jawa/weton, atau
memang dari dokter/bidan/RS yang salah. Sebaiknya jika terjadi kesalahan,
diserahkan kembali ke pihak terkait untuk revisi ulang/diperbaiki. Atau
kadangkala adalagi surat kelahiran asli yang belum di-stempel/disah-kan pihak
terkait, hingga pastinya akan merepotkan pihak/pelapor ke persyaratan
pengurusan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
4. Tempat kelahiran
Ini kadangkala hal
sepele tapi membuat bingung dan jengkel, pemohon/pelapor sudah mengisi blangko
pendaftaran, data komplit sudah menunggu agak lama ternyata, si anak lahir
tidak di kota A (misalkan) padahal data-data kedua orang tua semua ada di kota
A tersebut. Ini yang perlu dipahami oleh setiap warga masyarakat yang akan
mengurus akta kelahiran, bahwa Penerbitan Akta Kelahiran berdasarkan pada asas
tempat kejadian. Jadi dimana dia dilahirkan disitulah dia dibuatkan akta
kelahiran.
5. Surat Nikah/Perkawinan
Surat nikah atau
surat perkawinan seyogyanya sebelum diterima dan dibawa pulang ke rumah,
sebaiknya dicek atau sesuai dengan data sesuai yang bersangkutan. Jika sesudah
sesuai baru dibawa pulang hingga tidak terjadi kerumitan atau kesusahan
dikemudian hari, kadangkala warga masyarakat menerima surat nikah tidak sesuai
dengan akta kelahiran dari dirinya, hingga saat pembuatan akta kelahiran
anaknya tidak sama/sesuai dengan keinginan kedua orangtuanya. Jadi jika terjadi
kesalahan (nama di surat nikah/perkawinan tidak sesuai dengan akta kelahiran
orangtua), sebaiknya diperbaiki dulu di KUA yang mengeluarkan (jika muslim)
atau di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (jika non muslim). Jadi tidak
menjadi kendala di dalam pengurusan akta kelahiran anak di kemudian hari.
Syarat pembuatan akta kelahiran anak
1.
Surat pengantar
dari RT atau RW.
2.
Surat Keterangan
Kelahiran dari Dokter/Bidan/Rumah Sakit/ tempat melahirkan. Atau juga mungkin
bisa saja ketika saat melahirkan berada di pesawat atau kapal laut maka, perlu
juga mendapatkan surat keterangan dari Pilot/Nahkoda.
3.
Kartu Keluarga asli
dan fotokopi bagi penduduk tetap atau SKSKPNP bagi warga non-permanen di tempat
domisili tersebut sebanyak 2 lembar.
4.
Kartu Identitas
Penduduk (KTP) suami-istri asli dan fotokopi sebanyak 2 lembar. Bisa juga kalau
diperlukan menggunakan SKDS ataupun Surat Keterangan Pelaporan Tamu.
5.
Fotokopi buku nikah
KUA atau Akte Pernikahan dari Catatan Sipil sebanyak 2 lembar.
6.
Fotokopi Akte
Kelahiran suami-istri sebanyak 2 lembar.
7.
Fotokopi paspor
bagi warga negara asing.
8.
Dua orang saksi
untuk membuktikan tentang kelahiran di Dinas Pencatatan Sipil berikut fotokopi
KTP yang bersangkutan (untuk hal ini mungkin di beberapa daerah, saksi tidak
perlu ikut dalam pengurusan cukup menyerahkan fotokopi KTP saja kepada
pelapor/orang tua anak).
9.
Surat keterangan
dari kepolisian untuk anak yang tidak diketahui asal-usulnya.
10.
Surat keterangan
dari lembaga sosial khusus untuk kelahiran anak penduduk rentan.
11.Surat
Kuasa dengan materai sebesar Rp6.000.
12.
Mengisi Formulis
Permohonan Pencatatan Kelahiran dengan materai Rp6000..(Kasdi Weno)
Kabar gembira untuk kita semua. Dalam Menyambut hari Ulang Tahun Bolavita yang ke 6 (enam) Bolavita sebagai
BalasHapusAgen resmi games Sabung Ayam s128, sv388, Kungfuchicken, serta games lain seperti Sbobet, Maxbet, Casino Online ingin memberikan
promo freechips deposit maksimal bonus 2.000.000 IDR (dua juta rupiah). • Sabung Ayam • Togel Online • Tangkas • Bola
• Casino
• Tembak Ikan
• Poker
• SLOT (Play1628)
• WM Casino
staff dan karyawan Bolavita berinisiatif untuk memberikan freechips deposit maksimal bonus 2.000.000 IDR (dua juta rupiah) kepada seluruh member setia Bolavita dimanapun anda berada dengan ketentuan yang berlaku.
Freebet dan Freechip Ulang Tahun Bolavita Yang Keenam Pada Tanggal 10 Maret 2019
Freechip Spesial Berlaku Dari Jam 12:00 – 19:00 wib.
Info Lebih Lanjut Dapat Hubungi di www bolavita fun :)
BBM : BOLAVITA
WA : +628122222995
BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT
JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut